Pages

Enkripsi Emailmu!

Saturday, August 17, 2013



Ini tahun 2013, dan setiap jurnalis seharusnya sudah mulai mengirim email menggunakan enkripsi. Begitulah kira-kira saran jurnalis Peter Maass seperti dikutip Poynter.

Menurut Maass, mungkin banyak jurnalis yang tidak menyadari bahwa email yang mereka kirim (terutama berisi informasi sensitif --seperti informasi rahasia dari seorang narasumber--) memiliki resiko "diintip" lembaga intelijen negara.


I was surprised to realize that there were people in news organizations who didn’t recognize any unencrypted message sent over the Internet is being delivered to every intelligence service in the world.

Masalah privasi tidak eksklusif milik jurnalis, aktivis prodemokrasi, atau mereka yang sering bertukar informasi sensitif. "Orang awam" pun seringkali merasa terusik jika ada pihak yang memata-matai mereka. Apapun alasannya.


Untuk menambah "rasa aman" dalam aktivitas daring kita, ternyata telah ada setidaknya dua browser add-on yang masing-masing bisa diinstal di Google Chrome dan/atau Mozilla Firefox. Add-on tersebut bernama Streak dan Mailvelope. Penasaran? Silakan langsung ke TKP...


Informasi tambahan:

No comments:

Post a Comment