Pages

Klik-sorot URL di baris alamat Firefox pada Ubuntu

Friday, October 21, 2011


Bagi yang sering berselancar menggunakan Firefox pada Windows maupun Ubuntu, pasti akan cukup ngeh dengan perilaku Firefox di Linux Ubuntu yang menolak untuk menyorot seluruh URL secara otomatis ketika si tetikus kita arahkan dan klik pada baris alamat (URL). Untuk menyorot URL secara lengkap kita harus menggunakan Ctrl + A atau klik ganda.



Jika anda seperti saya yang lebih memilih efisiensi dalam soal sorot-menyorot URL, untunglah ada cara yang cukup mudah untuk mengakalinya.

Menurut Jose Catre-Vandis caranya kita tinggal masuk ke halaman config Firefox dengan mengetikkan about:config di baris URL, lalu ketika muncul peringatan, klik tombol "I'll be careful, I promise" (saya menggunakan bahasa antarmuka "English").

Kemudian, pada baris Filter ketikkan: browser.urlbar.clickSelectsAll (seperti terlihat pada gambar di bawah). Jika "browser.urlbar.clickSelectsAll" sudah tampil di bawahnya, klik dua kali sehingga kolom value-nya berubah nilai menjadi "true".


Setelah selesai, bisa langsung dicoba, apakah benar sekarang klik tetikus pada baris URL akan otomatis menyorot seluruh URL atau tidak. Selamat mencoba.


Catatan: Artikel ini sebelumnya pernah saya terbitkan di: http://bitralab.blogspot.com/2011/10/klik-sorot-url-di-baris-alamat-firefox.html

No comments:

Post a Comment